SENI MEMULAI



Sekarang waktunya memulai! 

Tantangan terbesarnya adalah melibatkan generasi milenial yang menganggap kalau "rebahan adalah solusi".  Apalagi saat wabah Covid-19. Ada ungkapan "Rebahan adalah jalan para pahlawan, merdeka!"

Ketika internet tersambung. Ketika informasi bisa diakses begitu mudah. Ketika banyak keinginan dan masalah yang bisa diselesaikan hanya dengan mengusap layar gadget sambil rebahan, maka menjadi tantangan tersendiri ketika membawa mereka kepada aktivitas yang menuntut gerak fisik.

Maka inilah seni melibatkan generasi yang akrab dengan rebahan itu.

Pertama, yang harus kita sadari adalah pentingnya keteladanan. Ini adalah kuncinya. Kita tidak bisa sekedar menyuruh mereka atau sekedar memotivasi atau memberi teori. Kita harus terlihat. Kita harus mencontohkan. Membuktikan. Memulai. 

Prosesnya adalah kita yang membuat project dulu. Menjadi starter. Lalu biarkan mereka mengikutinya. Lalu kita dampingi mereka saat mengikuti kita. 

Seperti halnya ketika bicara urban farming. Salah satu bentuknya adalah ternak lele di dalam ember. Ternyata sulit sekali kalau kita hanya menyuruh mereka membaca tutorial di yutub lalu mengharap mereka bergerak. Mereka akan bilang "mager, Bi!" Lalu rebahan lagi.

Maka yang harus kita lakukan adalah bergerak saja. Mengeksekusi apa yang dicontohkan di dalam tutorial sampai kelihatan bentuknya. Sambil melibatkan mereka di dalam prosesnya. Sambil mengobrol atau bercerita tentang teori ilmu pengetahuan terkait dengan apa yang sedang dilakukan.

Misalnya bagaimana memberi pakan ikan lele ketika tidak ada pelet. Ternyata di halaman kita ada cacing yang bisa digali dari tanah. Dari situ kita bisa bercerita bahwa di sekitar lingkungan kita ada kehidupan selain manusia. Ada rantai makanan. Dari situ kita bisa mengembangkan wacana bagaimana beternak cacing. Sesuatu yang sebelumnya tak terpikirkan sama sekali.

Ketika terpikir untuk membuat Vertical Garden di halaman rumah, maka saya memulainya dengan memulai bertanam di polybag. Lalu memanfaatkan botol dan gelas air mineral. Membuat pupuk dari sampah organik dll.

Jadi, bagaimana sebuah gagasan hebat dan ada tutorial di yutub selalu hanya jadi wacana, maka cobalah untuk menjadi pemicunya.

Sesederhana itu.

(Bersambung)

Comments

Popular posts from this blog

HARU BIRU PUTIH BIRU

Hari Pertama Di Sekolah Alam

Sekolah Untuk Anakku