My Little Girl




Beberapa waktu lalu. Sekitar umur sebulanan anak saya yang kelima, seorang ibu, tetangga rumah di Perumnas, tergopoh-gopoh  menemui Nyonya yang kebetulan sedang ada di rumah...

“Mi, maaf boleh nanya?”
“Ada apa, Bu?
“Ini, saya mau cari yang bisa mandiin bayi saya”
“Koq nanyanya ke saya, Bu?”
“Lha, Umi kan baru punya bayi juga, jadi saya nanya ke Umi”
“Saya nggak pake dibantu, Bu”
“Lha, trus yang mandikan si kecil memangnya Umi sendiri? Kan baru melahirkan?”
“Abinya tuh yang mandikan..”
“Abinya, Mi?”
“Iya. sejak pulang dari rumah bersalin, seringnya Abinya yang mandikan tiap pagi dan sore”
“Wah, enak banget Si Umi. Ini Bapaknya sama sekali nggak bisa. Megang saja masih bingung”
 
Hmm...seorang ayah memandikan bayi? Mungkin sebagian kaum bapak tidak pernah terpikir ke situ. “itu kan porsinya ibu-ibu”, begitu kira-kira pendapat umumnya. Dan, memang saat kelahiran bayi, kalangan yang heboh dengan urusan tetek-bengek si kecil biasanya ibu-ibu. Bapaknya mah biasanya berfikir yang terkait finansial serta urusan teknis. Misal pengadaan perlengkapan Si Kecil. Hal lain yang paling sering dilihat dan dipikirkan justru kalender.   Ah.. seringnya ini tema paling aktual di benak bapak-bapak saat punya bayi. Setelah masa tegang persalinan, biasanya agenda pentingnya adalah menunggu nifas usai, he he.
Memandikan Nafiza di teras depan rumah

Alhamdulillah, sejak  anak pertama hingga kelima,  memandikan bayi adalah salah satu acara favorit. Tiap pagi sebelum berangkat kantor saya berupaya untuk bisa memandikan si kecil terlebih dahulu. Memasak air panas, mencampur dengan air dingin hingga jadi hangat, kemudian  memandikan. Sambil mengajak ngobrol, memberi sabun dan bercanda kadang sambil bernyanyi hasil karangan sendiri. Iramanya suka-suka saja. Sepanjang pengalaman memandikan, tidak ada anak saya yang tidak senang dimandikan abinya. Kalau leluasa, saya lanjut hingga memberi minyak telon untuk penghangat badan. Akan lebih asyik kalau sambil memijat-mijat secara pelan. Kadang karena keenakan Si Kecil suka sampai tertidur. Saking ueeenaknya, he he.

Dan, kalau ada kesempatan, tak hanya memandikan bayi di bak mandi, bisa juga di kolam renang atau pantai. Sensasinya? hmmm...tak terlukis indahnya... .Tak percaya?  Silakan mencoba...







Bersama Nafiza di Pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur 26 Desember 2012


Memandikan bayi adalah satu satu ikhtiar untuk dekat dengan anak-anak. Agar terjalin emosional bonding atau ikatan emosional antar ortu-anak.  Ikatan inilah yang memberi nilai lebih pada hubungan ortu anak. Tak hanya ikatan pertalian keturunan-biologis. Apabila didasari ikatan spiritual, maka efek dahsyatnya seperti peristiwa Nabi Yusuf yang selamat dari godaan Zulaikha, karena Allah tunjukan "burhan" atau pertanda. Menurut Ibnu Katsir, pertanda yang dimaksud adalah  nasihat dari Sang Ayah.  

Sebelumnya, saat persalinan diupayakan untuk mendampingi Nyonya yang tengah berjihad. Jadi duet kompak di ruang bersalin. Ikutan bantu "ngeden", he he.  Alhamdulillah, kelima anak saya lahir lewat persalinan normal.  

Itu semua juga agar "berasa" punya anak. Karena, betapa banyak dari kita yang memakai managemen tahu-tahu. Tahu-tahu Si Bayi sudah besar. Tahu-tahu sudah bisa merangkak. Tahu-tahu sudah mulai belajar jalan. Tahu-tahu sudah saatnya masuk PAUD. Tahu-tahu besok pendaftaran TK. Tahu-tahu sudah harus sedia dana buat uang masuk SD. Tahu-tahu anak-anak sudah pada remaja. Tahu-tahu sudah lulus kuliah... Tahu-tahu mau mantu.... Tahu-tahu...tahu-tahu ....Ah...  betapa banyak kesempatan kebersamaan yang terlewat begitu saja.

Oh, ya kebetulan ada lagu yang pas benar dengan  buat pengiring memandikan bayi, khususnya bayi perempuan. Lagu Maher Zain yang sangat apik dengan lirik yang begitu indah. Ini liriknya :




My Little Girl


By: Maher Zain

You are a miracle
You are a blessing from above
You brought joy to my soul
And pleasure to my eyes
In my heart I can feel it
An unexplainable feeling
Being a father
The best thing that I could ever ask for


Just thinking of you makes me smile
Holding you, looking in your eyes
I’m so grateful for having you
And everyday I pray
I pray that you’ll find your way

You know I love you, I love you
My little girl, my little girl
I ask God to bless you, and protect you always
My little girl, my little girl

You’re like a shining star
So beautiful you are
My baby girl
You light up my world
I pray that I’ll get the chance
To be around and watch you grow
And witness your first steps
And the first time when you will call me “dad”

I could spend hours watching you
You’re so innocent, so wonderful and pure
O God I can not express my gratitude!
But I’ll raise her good, ‘cause all I want is to please You
And now I pray You’ll guide her steps forever


Lyrics, Melody & Arrangement: Maher Zain
Mixing: Ronny Lahti




Comments

Popular posts from this blog

HARU BIRU PUTIH BIRU

Hari Pertama Di Sekolah Alam

Dari Saung Sawah ke Gedung Megah